Rabu, 26 Desember 2012

Printer Bisa Jadi Jalan Masuk Cyber Attack

Mungkin tidak ada yang mengira bahwa alat pencetak digital ini bisa jadi jalan masuk hacker untuk melakukan serangan. Tapi setidaknya itulah yang disampaikan para pakar keamanan jaringan di Eropa sana.Selasa kemarin Information Security Agency Uni Eropa mengingatkan perusahaan-perusahaan besar untuk mewaspadai kemungkinan serangan melalui celah yang ada pada printer ini. Diperkirakan printer ini adalah celah yang lemah pada sebuah sistem jaringan di mana serangan dari luar dapat masuk.
Seperti dikabarkan Associated Press hari Selasa (3/06/08) banyak perusahaan besar yang tidak menyadari bahwa printer dalam sebuah jaringan yang terkoneksi ke internet ini dapat berakibat fatal pada semua komponen yang ada dalam jaringan tersebut. Sampai saat ini tidak ada perlindungan terhadap celah yang satu ini.
European Network and Information Security Agency menyarankan agar departemen IT mengamankan printer ini secara fisik untuk mencegah akses tanpa ijin masuk melalui piranti elektronik pencetak dokumen ini. “Perusahaan di Eropa harus menyadari bahwa pencetakan dokumen tidak lagi seaman saat Gutenberg mengawali dunia pencetakan 540 tahun yang lalu,” ungkap Andrea Pirotti Executive Director dari European Network and Information Security Agency.
Lebih lanjut Andrea menyampaikan bahwa aset dan data penting perusahaan berada dalam bahaya karena printer pun sekarang dapat dibajak. European Network and Information Security Agency mengeluarkan statement ini bukan tanpa alasan jelas. Agency ini telah melakukan survei terhadap 350 perusahaan di Perancis, Jerman, dan Inggris sebelum sampai pada kesimpulan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar